Pages

Kamis, 25 Agustus 2011

Tablet Sakshat, Tablet PC Termurah di Dunia

sakshat Tablet Sakshat, Tablet PC Termurah di Dunia Hadir Akhir Juni Ini 

 Diumumkan sejak awal Januari 2011 lalu, akhirnya Sakshat yang dikenal sebagai tablet PC termurah di dunia dikabarkan siap meluncur di India pada akhir bulan Juni ini. Tablet ini akan dijual seharga US$ 50 atau sekitar Rp 430 ribu.

Kiranya harga tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan tablet PC lokal, seperti Tabulet dan Pixcom AndroTablet dengan kisaran harga antara Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan. Apalagi bila dibandingkan dengan tablet PC global, seperti Samsung Galaxy Tab dan Apple iPad terbaru yang mematok harga di atas Rp 5 jutaan.
Tablet yang dikembangkan oleh Indian Institute of Sciences dan Indian Institute of Technology ini mulanya akan dibanderol US$ 35. Namun dalam perkembangannya mengalami kenaikan harga. Akan tetapi ketika sudah diluncurkan, pemerintah India berencana melakukan subsidi sehingga banderol tablet menyusut menjadi separuh, yaitu US$ 25.

Dikutip dari Technorati, Kamis (16/6/2011), tablet tersebut sebenarnya dirancang untuk menjembatani kesenjangan digital di kalangan pelajar India. Sakshat khusus dijual hanya kepada institusi pendidikan dan tidak tersedia di pasaran umum.

Sekitar 10 ribu unit tablet direncanakan akan dikapalkan bulan Juni ini. Kemudian 90 ribu unit lagi akan segera menyusul. Spesifikasinya antara lain layar 7 inci, prosesor 800 Mhz ARM 11, 256MB of RAM, dan 2GB ROM.

mediatren

Tidak ada komentar:

Posting Komentar